Cara Mengatasi Solder Nyetrum


Pernah tersengat listrik solder? Ya bagi kalian pecinta elektro pasti pernah mengalaminya, tidak besar sih listriknya, tapi lumayan membuat kita kaget saat hal itu terjadi, sebenarnya apa penyebab solder nyetrum ini? Dan bagaimana cara mengatasinya. Di dalam artikel ini akan di jelaskan itu semua.

Penyebap Solder Nyetrum

Element Rusak

Ini merupakan penyebab yang paling umum terjadi tempat Elemen Solder sendiri berada di selongsong solder, hal ini bisa jadi karena adanya elemet yang menyentuh body solder sehingga ada arus yang mengalir.

Kualitas Kualitas yang buruk

Kialitas Solder yang buruk pula menjadi penyebab masalah nyetrum ini, yah rego gowo rupo

Element Solder bocor

jika dalam element bocor maka denga mudahnya arus yang berada didalam element akan mengalir ke body solder, sehingga sangat mungkin terjadi kasus solder menyetrum.

Cara mengatasi Solder Nyetrum

Ganti elemen dengan kualitas baik

Untuk membeli elemen solder yang bagus kamu bisa datang ke toko elektro, ya harga sekitar 35,000 ribu lah. Atau jika di toko elektro sekitar tidak ada kamu bisa membeli barang ini di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee

Cek element yang akan kamu beli

Selalu biasakan mengecek barang sebelum kamu membeli sesuatu , karena terkadang element solder yang sudah kamu beli ada lecetnya bahkan ada juga yang gepeng element gepeng, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya cek terlebih dahulu, agar jika sudah sampai rumah kamu tidak kecewa. Karena kelalain membeli barang akan berdampak buruk pada kita sendiri.

Gunakan Gelang anti Statis

Fungsi dari gelang anti statis adalah untuk menyamakan muatan listrik pemakai gelang dengan perangkat yang sedang digunakan. Dengan memakai gelang anti statis, kamu bisa meminimalisir terjadinya solder nyetrum.

Gunakan Solder Anti Statis

Memang sih solder ini memiliki harga yang lebih mahal dari solder biasa, namun dengan solder ini kamu tidak akan tersengat listrik sokder nyetrum. Solder ini sebenarnya dipakai untuk menyolder komponen komponen yang sensitif dengan listrik statis, namun jika kamu ingin menggunakannya untuk menyolder komponen biasa maksudnya yang tidak sensitif terhadap listrik statis, tidak masalah, bahkan lebih baik, karena tidak akan terkena solder nyetrum

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Solder Nyetrum"